Kebetulan setelah selesai materi komputer grafik, yaitu tentang transformasi 2D (dimensi) beserta dengan programnya. Nggak abdhol rasanya kalau gak diposting di blog kesayangan. :D ya... moga-moga aja ada yang berminat meminang. :D
Transformasi 2D yang di bahas adalah tentang, translasi, rotasi, skala dan shear. Program dibuat tidak menggunakan rumus matriks transformasi, akan tetapi menggunakan rumus biasa saja. Karena pada dasarnya, rumus yang biasa ini adalah turunan dari rumus matriks.
Berikut tampilan dari program yang dibuat :
Contoh tampilan ketika di rotasi dengan sumbu (100,100) dengan sudut 200 derajat :
Rumus-rumus untuk transformasi 2D adalah :
1. Translasi (Tx, Ty) , Translasi adalah perpindahan koordinat sebanyak koodinat (Tx, Ty).
x' = Tx + x
y' = Ty + y
2. Rotasi (Tx, Ty, alpha), Rotasi adalah perputaran koordinat sebanyak aplha derajat, dan subu rotasi berdasarkan (Tx, Ty).
x' = Tx + (x-Tx) Cos alpha - (y-Ty) Sin alpha
y' = Ty + (x-Tx) Sin alpha + (y-Ty) Cos alpha
3. Skala (Sx, Sy), Skala adalah pembesaran koordinat x dengan Sx kali lipat, dan pembesaran koodinat y dengan Sy kali lipat.
x' = Sx * x
y' = Sy * y
4. Shearx(a), Shear x adalah memiringkan hanya masing-masing koodinat x dari semua koordinat sebanyak a.
x' = x + a * y
y' = y
5. Sheary(b), Shear y adalah memiringkan hanya masing-masing koodinat y dari semua koordinat sebanyak b.
x' = x
y' = b * x + y
Bagus Trims ya
ReplyDelete