Penggunaan List di VB.Net Untuk Pengganti Array yang Tidak Dinamis

Beberapa program yang penulis buat menggunakan vb.net belakangan ini sudah rutin menggunakan List Of (). Alasannya karena penggunaan List Of() lebih mudah dan dimanis. Maksud dari dinamis adalah, List Of() dapat ditambah sewaktu-waktu dan tidak perlu inisialisasi jumlah array pada saat pendeklarasian variabel.

Walau List Of() adalah elemen yang berbeda dengan array, akan tetapi semua fungsi array dapat digunakan di dalam List Of(), bahkan cara membaca data yang ada pada List Of() sama saja dengan array, akan tetapi dari segi kecepatan Array masih unggul dibandingkan dengan List Of(). Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat mengkonversi List Of() menjadi elemen array yang sesungguhnya dengan fungsi ".ToArray" yang dimiliki oleh List Of().

Contoh Penggunaan Kode :
'Deklarasi & penulisan data
Dim data As New List(Of Byte)
For i As Integer = 0 To 8
    data.Add(i)
Next

'Membaca data
For i As Integer = 0 To data.Count - 1
     MsgBox(data(i))
Next

Seperti kode yang terlihat di atas, data adalah variabel List Of() sedangkan Byte adalah tipe data yang digunakan List Of() sebagai array. Tipe data Byte dapat diganti dengan tipe data apapun yang dimiliki Vb.Net.

Penggunaan List Of() di atas bahkan terlihat mirip seperti penggunaan Combo Box ataupun List Box. Itu dikarenakan List Of() mempunyai fungsi ".Add" yang digunakan untuk menambah data secara langsung, jadi kelebihan List Of() adalah data jumlah larik yang ada akan sesuai dengan jumlah data yang disimpan atau yang dibutuhkan.

Comments